Selasa, 13 Juli 2010

GOOGLE CHROME

Tepat pada tanggal 2 september 2008 kemarin, google resmi merilis Google Chrome versi beta. Akankah browser ini akan memecahkan rekor browser firefox yang paling banyak didownload ? Kita tunggu saja versi alfanya.
Google menyatakan bahwa pergerakan browser baru ini akan memperkenalkan versi trial-nya ke public, khususnya untuk pengguna Microsoft Corp. Windows, agar beralih menggunakan Chrome. Google, pemimpin search engine dunia juga bekerja dalam web browser untuk pengguna versi Apple Macintosh dan juga untuk Linux.
Salah satu fitur yang ditonjolkan dari Google Chrome ini adalah klaim yang mengatakan bahwa Google Chrome adalah browser yang lebih cepat daripada browser yang sudah ada saat ini. Selain itu manajemen penggunaan resource dan memori yang lebih baik pada Google Chrome membuat Google Chrome lebih percaya diri dapat menangani apabila terjadi crash. Dan dikatakan oleh Google bahwa Google Chrome telah baik menangani proses secara multi-thread. Sehingga setiap proses dan render halaman maupun objek dilakukan secara terpisah dan melalui multi proses dan tidak saling menunggu satu sama lain. Hal ini yang menjadikan Google berani mengklaim bahwa Google Chrome lebih cepat.


Satu sisi kelebihan Chrome, yakni memudahkan user untuk mendiagnosa masalah dengan menghilangkan plugin dengan mudah, dan user dapat mengetahui halaman web mana yang mengkonsumsi power paling banyak. Jika Firefox 3 menghabiskan 95% waktu CPU ketika memainkan video YouTube dengan system Windows XP, maka Chrome menggunakan 60% power CPU, lebih sedikit namun masih tetap boros energi.

Sekalipun demikian, Chrome sepertinya tidak begitu dianjurkan untuk mereka yang menggunakan internet dengan bandwidth terbatas karena sampai saat ini tidak bisa memblok atau menonaktifkan gambar-gambar yang biasanya menyedot resource bandwidth. Akibatnya, berselancar dengan Chrome akan menghabiskan biasa yang cukup besar. Situs-situs populer di Indonesia seperti Detik.com, Kaskus.us, HitmanSystem.com, Okezone.com, ataupun manca negara seperti MSN.com dan BoingBoing.net memiliki begitu banyak materi gambar yang akan terasa merampok peselancar yang menggunakan dengan limited bandwidth.Bagi saya, ada dua fitur yang paling menarik dari Chrome. Yang pertama adalah Incognito Window. Ini adalah ide mungil yang cukup cerdas; saya sangat terkejut Google mengantisipasi kebutuhan ini dengan serius, sampai-sampai dimunculkan sebagai mekanik tersendiri dalam browser mereka. Fitur kedua adalah Omnibox yang membuat segala sesuatunya lebih singkat dan lancar. Jenius!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan meninggalkan pesan. jangan ada unsur spam atau unsur sara