Rabu, 13 Januari 2010

Rhendy Aditya, 12 tahun

Liburan akhir taun yang lalu , Rhendy Aditya dan keluarganya pindah dari Jakarta ke kota Semarang. rhendy tidak mebuang hari-hari pertaanya di kota yang khas dengan simpang lima nya itu . Anak berkacamata ini langsung mencari sekolah dasar di Semarang. walaupun sangat gembira, dia mengakui bahwa dia juga merasakn suate ketakutan yang luar biasa.

==========

di hari pertamanya di sekolah, dia merasa asing karena dia tak kenal; dengan siapa pun juga. lalu, dia mengetahui ada suatu kegiatan Pramuka di sekolahnya itu. lalu ia mengahadiri acara pertemuan Pramuka itu untuk pertama kalinya. Rhendy merasa takut, karena ia dikelilingi anak-anak yang mahir simpul menyimpul dan menguasai semua jenis badge. pada saat yang bersamaan pula, pembina pramuka mengatakan kepada rhemdy bahwa akan ada acar kemping selama seminngu dan mereka akan berangkat pada hari minggu. sedangkan hari itu adalah hari rabu....."mau kah kau ikut bersama kami?" tanya bapak pembina

==========

"tentu saja" jawab tegas rhendy dengan PD-nya."kegiatan ini sangat saya sukai" jelasnya kemudian. hanya ada satu sarat yang harus dilakukan rhendy agar dia bisa ikut acara tersbut. Rhendy harus sudah hafal janji, hukum, moto dan slogan pramuka pada hari sabtu. Waktu tinggal 3 hari lagi dan rhendy pun tidak menyia2kan waktunya.

===========

tepat pada waktunya, rhendy pun hafal . bergegaslah dia kerumah bapak Pembina itu. "aku siap kemping !!" ujarnya. dan bapak pembinaa itu mengatakan " baiklah, coba kita lihat apa yang kau bisa". dengan lancarnya Rhendy mengucapakan janji pramuka dengan lantang. akhirnya rhendy mendapat tempat diantara peserta kemping.

==========

Rhendy tak sempat mempersiapkan kemping itu semua. dia tak menegenal seorang pun. diapun tidak bisa tidur ditendanya karena blum terbiasa. tambahan lagi dia mnegidap syndrome Tourette, dimana menyebabkan ia gugup. meskipun demikian dia berucap dalam hati "aku pikir mengikuti perkemahan ini lebih menyenangkan daripada diam dirumah ."

=========

salah satu teman setendanya yang bermulut besar itu mengatakan pada seluruh temannya bahwa Rhendy mengidap syndrome tourette. untungnya berita itu cepat terlupakan dalam waktu 1 hari.

selanjutnya, Rhendy bisa menikmati dengan baik acara perkemahan itu. dia mendapat penghargaan simpul menyimpul dan renang 174 meter. rhendy memang mempunyai sifat petualang seperti ayah dan ibunya.

=========

rhendy anak ke 3 dari 4 bersaudara ini memang anak yang patut diancungi jempol. ia pintar di sekolah, taek wondo , dan dia sngat mahir berenang. sejak usia dini dia suka menulis. samapai2 dia sempat menulis sebuah buku sebanyak 70 halam yang terdiri dari beberapa bab-bab. rhendy menulis setiap hari dan terus mengembangkan kegemarannya tersebut.

namun Rhendy mengatakan, bahwa sejauh ini hal yang paling menakutkan adalah saat dia menginjak bangku 6 SD sekarang ini.

========

dari seluruh siswa di kelasnya ia hanya mengenal 3 orang berkat pramuka itu. meraeka adalah, Hanung prasetyo, Mukhlas ada Wicaksana, dan Andi Nugroho. Seandainya ia tidak mengikuti pramuka tersebut, mungkin dia akan mengalami masa2 awal masuk sekolah ini lebih berat. Rhendy selalu mengharapakan kata2 dari temannya yang mengatakan "kau akan segera mendapat teman" atau "maukah kau bermain bersamaku??". tapi perlu waktu 2 bulan penuh sampai akhirnya ada yng mengucpakna kata2 itu kepadanya.

========

teman2 di sekolah ini beda dari teman2nya yang sekarang. mereka selalu mengejek rhendy dengan sebutan "anak penyakitan". akan tetapi rhendy menghadapi ini dengan sikap garpu bermata dua. Pertama, dia berusaha agar para guru berpihak kepadanya. oleh karena itu dia berusaha untuk mencari nilai bagus dan tidak bertindak bodoh dngan bersikap baik disekolah. " aku tidak akan bertindak tolol dikelas. para guru tidakterlalu menekan kan nilai, akan tetapi cenderung memperhatika perilaku siswa." ujarnya. Kedua dia harus bersikap tenang ."Aku harus mengatakan pada anak2 nakal itu, 'AKU TIDAK MEMEDULIKAN EJEKAN MEREKA', dan tidak gentar " ujarnya legas dlm hatinnya.

=====

Rhendy bisa menghadapi masalhnya dengan baik. ia sudah berhasil mengalahkan rasa takutnya. Kini ia tinggal menunggu pujian yang layak untuk dirinya .

"jika kau menghadapi masalah dengan orang lain, bersikaplah Tegar.tunjukan keberanian, dan jangan biarkan orang lain menghancurkanmu. Tunujukan siapa dirimu. jangan menyerah." ujar Rhendy kepadaku.



the end

==============


wedhatama 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan meninggalkan pesan. jangan ada unsur spam atau unsur sara