Senin, 02 Agustus 2010

Uang Seribu Baru dan 10.000 Baru

Saat saya melihat sekilas berita di sebuah acar tv, saya langsung berpikiran mencari info tentang keberadaan uang baru tersebut.


Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang baru yakni uang logam pecahan Rp1.000 dan uang kertas pecahan Rp10 ribu dimana Uang logam pecahan Rp1.000 bergambar Garuda Pancasila pada bagian depan. Sedangkan pada bagian belakang bergambar angklung dengan latar belakang Gedung Sate, Bandung. Uang tersebut berwana putih keperakan, terbuat dari besi/baja yang dilapisi dengan nikel (nickel plated steel)
Dimana Pemilihan gambar angklung sebagai alat musik tradisional merupakan wujud pelestarian kebudayaan nasional. Demikian juga halnya dengan gambar Gedung Sate di Bandung sebagai wujud pelestarian termpat bersejarah bangsa Indonesia.



sedangkan uang 10.000 baru, sepintas tidak mengalami perubahan yang mecolok seperti koin seribu-an,tapi ada penambahan unsur pengaman rainbow painting dalam bidang berbentuk segi lima yang memiliki efek berubah warna (efek pelangi) apabila dilihat dari sudut pandang tertentu, pada sebelah kanan gambar utama.

Penggantian tinta berubah warna (Optically Variable Ink) berupa segi delapan yang berubah warna dari hijau menjadi biru apabila dilihat dari sudut pandang berbeda, menjadi disain logo BI di dalam bingkai berbentuk ornamen daerah Palembang dan tidak berubah warna (cetak offset), terletak pada sebelah kanan bawah uang.

Apakah anda sudah Memilik Rp.10 ribu dan seribuan baru ini ?
mungkinkah BI mengeluarkan uang baru ini karena ada penurunan nilai mata uang Rupiah?
kita nantikan saja pakar2 keuangan yang berkomentar



1 komentar:

  1. link sobat sudah terpasang di blogku..cek aja yah sob..jangan lupa pasang juga link blogku yah sob..thnks dah mau tukeran lnk..happy blogging sob..

    BalasHapus

silahkan meninggalkan pesan. jangan ada unsur spam atau unsur sara